Saturday, August 24, 2013


We all have that one friend who always good at joking. Dan ini bukan dalam artian temen yang di-bully atau dijadikan badut-lawakan ya, tapi yang degan cerdas dan piawai meng-arrange kejadian sehari-hari untuk dijadikan banyolan, entah story telling-nya, mimik, ekspresi, ataupun skills nyindir temen yang out of the boxes. Kebanyang ngga, 1 social-circle yang isinya mungkin cuma 5 orang bisa rame, gaduh, ngakak-sekonyong-konyong ketika 1 orang super-banyol macem gini ada di dalemnya? 
Sekarang bandingin ama 1 kumpulan yang isinya let’s say…. 10 orang, tapi dipenuhi dengan manusia-manusia serius. Jangankan ngebayangin, nulisnya aja uda bikin atmosfer sekitar gw mendadak garing.
Nah faktanya adalah sangat ngga menutup kemungkinan, apabila si super-banyol tadi  ditaruh di kumpulan manusia serius itu, mereka bisa dengan mudah menghidupkan suasana. Ya, Itulah yg namanya skills. Bener-bener pure, alamiah, natural, tanpa skenario, jokes murni yang bikin orang-orang
ketawa jadi lepas, PECAH, karena emang lucu. Dan bisa jadi mendadak garing karena beneran ngga lucu.


Semua hal itu tanpa skenario dan mendapatkan respons yang juga tanpa skenario. Beda dengan beberapa TVshows Indonesia dimana orang yg nonton dibayar untuk ketawa terus disambut dengan #EAA #EAAA #EAAAA beriringan. Meh. Beda juga dengan standup comedy, yang skenarionya dipersiapkan dulu, intronya, bit by bit, lengkap dengan punchline di akhir. Dan bahkan ada beberapa juga ternyata, comics yg nyiapin "fans buatan" untuk ngebantu ketawa di saat-saat mereka mendapati bitnya kurang pecah. Kalopun pecah juga, audience sudah sangat-aware kalo dia lagi nonton komedi dan butuh lawakan, still not that pure.


Nah, sekarang dimana tuh orang-orang dengan pure-jokes? Seloooow, mereka masih eksis kok. Akrab dengan istilah Prank? Public Embarassment? Social Experiment? Social games? Kalo merasa kurang tau, coba deh googling artikelnya atau iseng-iseng search videonya di Youtube. Bagi gw pribadi, semua itu adalah arts of joking around. Jokes itu adalah seni and yeah you must have skills (mungkin juga talent) to joke. Random-randomnya-gw-dalam-kerandoman, gw sempat kepikiran untuk mengkategorikan itu semua (prank-public embarrassment-social experiment-social games) ke dalam 1 istilah (yang gw bikin pribadi) yaitu : SOCIAL JOKES.
Berbeda dengan tipe jokes lainnya, social jokes ini bersifat sosial, kind of extroverts stuff. Harus melibatkan orang lain, dan orang itu adalah totally strangers. Yang tidak tau-menau tentang kondisi dan situasi kalo dia lagi nonton komedi/dibanyolin. Yang ngga di-set buat ketawa dan tentu saja menimbulkan honest reactions.


1. Prank/practical jokes/gags
Jokes yang sifatnya ngusilin, bikin pusing, bahkan bikin malu orang. Di indo mungkin yang paling terkenal "Spontan" yang dibawain sama komeng dulu itu, kalo di luar coba tengok "Just for Laughs". Nge-Prank ini bisa dibilang resikonya agak berbahaya karena for the sake of nyari reaksi orang buat ketawa, sometimes respon yg kita dapet malah bikin orang kesel dan bete bahkan kita bisa dipenjara kalo prank kita kelewatan bangsat. Serius loh. ini buktinya.





2. Public Embarrassment/public humiliating
Skill yang lo butuhin cuma 2, confidence dan ketidakpedulian. Ketidakpedulian kalo diri lo adalah social-retarded. You really need big balls to do this shit. Masih sama-sama di publik tapi bertolak belakang sama Prank. Kalo Prank bikin malu orang lain, lah ini bikin malu diri sendiri. Pernah terbersit pikiran untuk orgasme di dalam kereta yang rame?





3. Social Experiment
Social Experiment lebih ke mengexplore apa-apa aja yang bisa dilakuin dalam bersosial. Pernah ngasi coklat ke strangers? Pernah meluk orang yg ngga dikenal? Well, this what we called Social Experiment!





4. Social game
Ini adalah social experiment yang di-game-kan. Si A vs si B. Banyakan siapa A/B yang berhasil minta no.HP orang di jalan? Misal kaya video ini, mereka pinter2an ngasi clue orang buat nebak kata.




That's all the stuff. Are you dare enough to do that? Are you enjoys every little things on that jokes? If you do, please inform me on twitter @flowluxia and subscribe my pre-channel on YouTube -> disini Thanks! Spread the Laughs!

Blogroll

 

Copyright 2010 tercerahkan dalam alinea.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.